Untuk setiap kategori, hanya ada dua juara yakni juara pertama dan kedua.

Kategori Fotografi Hilal :

      + Juara pertama atas nama Joko Prasetyo dari Kudus, Jawa Tengah

      + Juara Kedua atas nama Ari Wibowo dari Subang, Jawa Barat

Kategori Fotografi Keantariksaan:

     + Juara Pertama atas nama Diana Novitasari dari SMAN 1 Gresik, Jawa Timur.

     + Juara Kedua atas nama Jessica Angelina Ongkowijaya dari SMAK Eben Haezar, Manado, Sulawesi Utara.

 

Catatan:

Penyerahan hadiah untuk juara dan pameran foto terpilih akan dilaksanakan saat kegiatan Festival Sains Antariksa pada tanggal 7 Oktober 2017 di kantor LAPAN, jalan dr Djundjunan No. 133 Bandung 40173.

Dalam rangka memperingati kegiatan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta kontribusinya dalam kehidupan manusia maka PBB mendeklarasikan World Space Week sebagai kegiatan tahunan internasional. Dalam hal ini . LAPAN ikut berperan serta dalam mensosialisasikan hasil-hasil litbang keantariksaan kepada masyarakat dan kalangan pendidikan sehingga diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang alam semesta.

World Space Week dilaksanakan tanggal 4-10 Oktober setiap tahun. Tanggal ini mememperingati 2 peristiwa yaitu, tanggal 4 Oktober 1957 adalah peluncuran satelit pertama buatan yaitu Sputnik 1, yang membuka jalan bagi eksplorasi antariksa, dan tanggal 10 Oktober 1967 adalah panandatangan Kesepakatan Prinsip Pengaturan Aktivitas Negara-Negara dalam Eksplorasi dan Penggunaan Damai Angkasa Luar, termasuk Bulan dan Benda Langit Lainnya. World Space Week adalah kegiatan publik terbesar dalam merayakan ekspolasi antariksa, sains dan teknologi antariksa. Pada tahun 2017 ini memiliki tema “Exploring new Worlds in Space” yang menekankan bahwa pada tahun ini akan berfokus pada eksplorasi manusia dan robot dunia baru di luar angkasa.  Sesuai dengan tema saat ini “Exploring new Worlds in Space”, tema tersebut dapat menginspirasi dunia tentang gagasan penjelajahan kehidupan baru di luar angkasa, hal tersebut akan merangsang minat untuk belajar, sehingga mereka bisa menjadi penjelajah ruang angkasa pada masa mendatang.  Sejalan dengan perayaan World Space Week pada tahun 2017 yang akan membuka jalan untuk memperbaiki pengetahuan dan kesadaran manusia yang luas akan pemanfaatan teknologi ruang dan aplikasinya . Hal ini juga akan menggambarkan bahwa potensi eksplorasi kita tidak akan berakhir, dan langit bukanlah batas banyak keajaiban penemuan manusia. Dengan mengusung tema yang sama, maka Pusat Sains Antariksa LAPAN pada tahun ini turut menyelenggarakan Festival Sains Antariksa 2017.

JENIS KEGIATAN FESTIVAL SAINS ANTARIKSA

  1. Lomba Fotografi Hilal dan Keantariksaan
  2. Lomba Mewarnai Tema “ KARTUN ANTARIKSA”
  3. Lomba Explorasi Kata Antariksa
  4. Kuis Juara Antariksa
  5. Kuis Exploring New World
  6. Ceramah Umum
  7. Pameran Sains

 Ceramah Umum 

  1. Explorasi Antariksa 
  2. Space Resource

 Pameran Sains

  1. Alat peraga sains antariksa
  2. Alat peraga sains atmosfer
  3. Planetarium Mini
  4. Pengamatan Matahari
  5. Permainan Ludo Antariksa