Asian Beneficial Collaboration through Kibo Utilization atau  disingkat Kibo-ABC adalah program kolaborasi yang didirikan oleh Working Grup Space Environment Utilization (SEU WG) pada (Asia-Pacific Regional Space Agency Forum) APRSAF yang bertujuan untuk mempromosikan pemanfaatan modul Kibo/ISS. SEU-WG merujuk kepada sederetan aktivitas yang memanfaatkan lingkungan spesifik serupa luar angkasa seperti ruang hampa, gravitasi-nol, dan berbagai bidang penelitian dan pendidikan terkait. APRSAF, merupakan konferensi terbesar terkait antariksa yang diikuti lembaga antariksa, badan pemerintah dan organisasi internasional dari lebih 30 wilayah di kawasan Asia Pasifik.

“Kibo” adalah Modul Eksperimen Jepang yang dipasang pada Internasional Space Satelite tahun 2008. Program Kibo-ABC dimulai pada tahun 2012 dengan fokus pada aktivitas di Kibo, termasuk eksperimen di ruang angkasa. Aktivitas pada Kibo-ABC secara umum dikelompokkan pada tiga kategori antara lain, aktivitas outreach pemanfaatan “Kibo” di kawasan Asia termasuk bagi para peneliti, eksperimen untuk pengembangan kapasitas yang dilaksanakan oleh lembaga antariksa bagi pemanfaatan Kibo, serta diskusi dan pertimbangan kerjasama terkait pemanfaatan modul Kibo.

Lingkungan di antariksa memiliki karakteristik yang tidak serupa dengan di permukaan Bumi, yaitu mikrogravitasi, hampa udara, visibilitas yang sangat baik dan radiasi luar angkasa. Beberapa penelitian dan eksperimen atau observasi dilakukan untuk meniru kondisi tersebut.

Bila di luar angkasa, misalnya di dalam wahana antariksa, merupakan tempat yang ideal untul melakukan eksperimen mikrogravitasi janga panjang, lingkungan mikrogravitasi dapat dicapai di Bumi dengan beberapa cara. Metode eksperimen mikrogravitasi di Bumi antara lain adalah menggunakan:

  • Drop Tower
  • Klinostat
  • Parabolic Flight

Secara lengkapnya, metode untuk eksperimen gravitasi adalah sebagai berikut:

Methods of microgravity experiments

Microgravity level

Duration

Information

Operation

ISS

 10-4 ~ 10-6 G

Weeks to several years

 

Utilization available

Aircraft

 10-2 ~ 10-3 G

10 to 25 seconds

Diamond Air Service

Utilization available

Drop Tower

 10-3 ~ 10-4 G

one to ten seconds

HASTIC (Japan)
ZARM Drop Tower (Germany)

Utilization available

Space shuttle

 10-3 ~ 10-5 G

One to two weeks

 

N/A

Free flyer

 10-5 g or over

Depends on mission duration (about six months)

Space Free-flyer Unit (SFU)

N/A

Small rockets

 10-2 ~ 10-3 G

Several minutes

Space experiments by launching small rockets

N/A

Mir

 10-3 ~ 10-5 G

Weeks to Months

Russia's Mir Space Station

N/A

 (Sumber: http://iss.jaxa.jp/en/kiboexp/seu/means/)