Kibo Robot Programming Challenge (Kibo-RPC) adalah program edukasi untuk menyelesaikan beberapa tantangan dengan menggunakan robot melayang (yaitu Astrobee dan Int-Ball) di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station – ISS). Program ini dipandu oleh Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) bekerja sama dengan National Aeronautics and Space Administration (NASA). Secara spesifik, JAXA akan melaksanakan kompetisi pemograman yang melibatkan robot Astrobee dan Int-Ball dalam Japanese Experiment Modul (JEM) yang dikenal dengan “Kibo”.

Tujuan Kibo-RPC adalah untuk mendorong generasi muda, terutama siswa sekolah dan mahasiswa, untuk lebih tertarik ke dalam program luar angkasa yang diharapkan akan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan, teknologi, teknik dan pengetahuan matematika, serta membina ilmuwan terkemuka di masa depan. Selain itu, dalam program Kibo-RPC, pertukaran informasi dan jaringan internasional akan dicapai melalui hubungan antar-peserta dengan negara lain.

Saat ini telah dibuka pendaftaran untuk peserta Kibo-RPC. Peserta yang dapat mengikuti kompetisi ini adalah siswa SMA dan perguruan tinggi di Indonesia dengan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Tahap penyisihan untuk Kibo-RPC adalah pada April dan Juni 2020. Tahap final adalah pada September 2020.

Peserta yang telah mendaftar kemudian akan dapat mengakses repository Github yang disediakan oleh NASA untuk mempelajari pemograman robot Astrobee.

Untuk pendaftaran akan diproses melalui LAPAN sebagai POC dari Kibo-RPC.

 

 

 Int-Ball

 Astrobee