Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Planetarium Mini LAPAN Ramai Dikunjungi Pada Acara Festival Anak Bertanya Ke-3 di Sasana Budaya Ganesha Bandung
News Writter : • Photographers : • 24 May 2017 • Read : 177 x ,

Bandung (20/5/2017). Siswa-siswi dari beberapa sekolah di sekitar kota Bandung hadir pada acara Festival Anak Bertanya (FAB) yang dilaksanakan di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung. Festival kali ini merupakan yang ketigakalinya yang juga merupakan terbanyak dari segi pengunjung stand. Ada yang berbeda dibandingkan penyelenggaraan sebelumnya, tampak antri satu keluarga dari Jepang sebagai pengunjung stand Planetarium Mini LAPAN.

Festival dibuka oleh Hendra Gunawan, Ph.D dari FMIPA ITB, yang sebelumnya disampaikan sambutan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kotamadya Bandung, Dr. H. Elih Sudiapermana, MPd. Beliau mengatakan atas nama Dinas Pendidikan pemerintah Kotamadya Bandung mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan yang diinisiasi oleh masyarakat seperti ini yang sangat peduli dan berkepentingan terhadap anak-anak. Elih mengatakan anak-anak sebagai pewaris yang lebih baik di masa yang akan datang untuk masyarakat kota Bandung, nasional, maupun dunia internasional menjadi lebih baik. Mudah-mudahan kesempatan untuk yang ketigakalinya ini bisa berpartisipasi aktif sehingga memiliki nilai-nilai baru.

Antusias masyarakat pengunjung festival begitu banyak mendatangi stand Planetarium Mini LAPAN. Tidak kurang dari 305 hadirin mengisi buku tamu.

FAB ini diselenggarakan setahun sekali oleh Anakbertanya.com & mitra. Selain Pussainsa LAPAN yang membawa Planetarium Mini-nya ke Sabuga, ada 6 (enam) lembaga peserta #FAB2017 yang getol mempromosikan IPTEK, yaitu:. Galeri Sains Sabuga,  langitselatan,  Observatorium Bosscha, Planet Sains, Bengkel Sains UNPAR, The Little Engineer. Tapi Planetarium Mini LAPAN memiliki magnet tersendiri pada acara ini, para pendaftar membludak dengan panjang antrian mencapai 7 meter di pintu masuk pendaftaran. Di dalam gedung tempat lokasi planetarium bahkan lebih panjang lagi, dan sebagian duduk di kursi. Di sela-sela pertunjukan sempat mewawancarai salah seorang pengunjung, siswa dari SD Galih Parwati Baleendah Kabupaten Bandung yang menyukai pemutaran mengenai tatasutya, planet-planet, dan NASA. Ada pula yang datang secara pribadi, siswa dari Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera Kota Cimahi. Siswa tersebut, Yasmin, mengatakan jadi tahu tentang Bima Sakti dan Blackhole. Sebelumnya Yasmin pernah melihat pertunjukan yang sama di Yogyakarta.

Penyelenggaraan kali ini, pengunjung Planetarium Mini LAPAN merupakan yang teramai, karena walaupun jadwal kunjungan sudah diatur tetap saja ada pengunjung yang tidak kebagian tempat. Bahkan ada pengunjung yang rela menanti setahun untuk memperoleh kesempatan menonton seperti ini.

( Penulis Berita : Iyus Edi - Fotografer : Haries )








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL