Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Pusat Sains Antariksa Ambil Bagian dalam Edukasi ‘Generasi Emas Menembus Antariksa’
Penulis Berita : • Fotografer : • 06 Jun 2018 • Dibaca : 144 x ,

Rumpin, Bogor (5 Juni 2018)

Hari Selasa, 5 Juni 2018 bertepatan dengan bulan Ramadhan yang memasuki hari ke-20, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bekerjasama dengan Lembaga Kemanusiaan ESQ mengadakan kegiatan edukasi keantariksaan. Kegiatan ini melibatkan 1000 anak yatim, piatu, dan dhuafa yang berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) serta Cikarang yang bertempat di Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN. LAPAN berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi keantariksaan, serta membuka pameran sejumlah peralatan keantariksaan, demonstrasi peluncuran roket air, simulator N219, simulator LSA, UAV, , pemantauan satelit LAPAN, demo penerbangan drone, dan peraga lainnya.

Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN di Bandung juga ikut andil dalam kegiatan tersebut dengan menghadirkan planetarium mini dan teleskop untuk peneropongan Matahari. Secara khusus, planetarium mini dan teleskop dikunjungi oleh Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin sebelum acara dibuka secara resmi. Minat para peserta yang sebagian besar anak-anak seusia SD dan SMP sangat besar dan secara aktif memperhatikan kedua media yang dibawa Pussainsa tersebut.

Pemutaran film tentang antariksa dan pengamatan dengan teleskop berjalan lancar karena mereka dibimbing oleh koordinatornya masing-masing. Lebih dari 150 orang hadir ke planetarium mini milik Pussainsa yang ditempatkan di dalam Gedung Arsip Pustekbang LAPAN. Sedangkan teleskop ditempatkan di depan Gedung Arsip. Pada kesempatan lain, Sekertaris Utama LAPAN Prof. Dr. Ir. Erna Sri Adiningsih, MSi juga mengunjungi planetarium mini. Pelaksanaan pemutaran film edukasi keantariksaan dimulai pukul 13.30, semua berjalan tertib dan rapi sehingga pada pukul 15.00 seluruh pengunjung dapat menyaksikannya. Setelah itu secara bergantian para hadirin juga turut menyaksikan pemutaran film hingga pukul 15.30 ditutup.

Setelah mengikuti acara ini, peserta diharapkan dapat terbuka matanya dan tergugah hatinya untuk menjelajahi lebih dalam ilmu dan teknologi keantariksaan serta memanfaatkan teknologi yang berkembang untuk mendukung kehidupan. Selain itu, peserta diharapkan termotivasi untuk untuk berprofesi sebagai ilmuwan dengan wawasan pembangunan berkelanjutan.

Penulis: Iyus Edi
Dokumen: Jaja S








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL