Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Edukasi Dini Gerhana Matahari Cincin 2019 dan Planetarium Mini Pussainsa LAPAN dalam Harteknas di Pekanbaru
Penulis Berita : • Fotografer : • 14 Aug 2018 • Dibaca : 159 x ,

Pekanbaru (11/08/2018) Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke 23 Pekanbaru, Riau di tahun 2018 ini diselenggarakan di rumah dinas Gubernur Riau, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Dalam kegiatan ini, LAPAN menampilkan produk hasil litbang seperti Satelit, Pesawat Nurtanio, Pesawat tanpa awak, Roket dan Planetarium Mini pada tanggal 10-11 Agustus 2018.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti). Booth LAPAN dipadati pengunjung dan menjadi pusat perhatian para pengunjung yang datang dikarenakan pada pukul 14:00 WIB, 10 Agustus diadakan pertemuan antara pihak LAPAN yang di pimpin Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dengan Pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Siak yang dipimpin oleh Bupati Siak dan sebagai Gubernur Riau terpilih Drs. H Syamsuar, M.Si untuk membahas topik Gerhana Matahari Cincin 2019 di Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Dalam penjelasannya Kepala Pusat Sains Antariksa Dra. Clara.Y.Yatini. M.Sc kepada Bupati Siak dan jajarannya menyatakan Gerhana Matahari Cincin ini akan terjadi pada tanggal 26 Desember 2019, setelah sebelumnya terjadi di tahun 2009 melewati pulau Jawa, kali ini akan melewati Pulau Sumatera, dan Kalimantan.

Daerah Siak dekat Pulau Pedang adalah daerah yang paling baik untuk pengamatan Gerhana Matahari Cincin karena berada pada Greatest Eclipse, yaitu ketika sumbu bayangan Bulan berada paling dekat dengan pusat Bumi. Gerhana Matahari Cincin ini adalah fenomena alam yang unik dan langka, akan banyak wisatawan luar dan lokal yang akan berdatangan ke Riau, khususnya ke Siak, dengan demikian, diharapkan Pemerindah Daerah Kabupaten Siak siap menangkap peluang dan mempersiapkan dari sekarang, walaupun peristiwanya akan terjadi tahun depan.

Setelah acara di Booth LAPAN, para pengunjung memadati Planetarium Mini yang dibawa khusus dari Pusat Sains Antariksa LAPAN Bandung untuk memeriahkan acara Hakteknas. Banyak siswa dan pengunjung mengantri untuk bisa menyaksikan film sains antariksa yang ada di dalam planetarium mini tersebut. Para Peneliti Pussainsa LAPAN sebagai narasumber turut mendampingi pada saat pemutaran film tersebut.

Setelah pertunjukan selesai mereka puas karena menambah wawasan dan pengetahuan keantariksaan. Mereka berharap bisa menghadiri kembali Planetarium di kotanya dalam kesempatan dan acara yang berbeda. Planetarium Mini ini ini belum ada di Riau sehingga para pengunjung senang bisa mendapatkan edukasi tentang sains antariksa khususnya Tata Surya.


Penulis : Ferdhie/Christine
Dokumentasi : Ferdhie








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL