Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


KUNJUNGAN STUDI POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA KE PUSAT SAINS ANTARIKSA LAPAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 16 Aug 2018 • Dibaca : 425 x ,

Bandung (15/8/2018). Mahasiswa semester 5 dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berkunjung ke Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN pada hari Rabu, 15 Agustus 2018 pukul 09.00 WIB dengan jumlah 45 orang mahasiswa beserta dengan satu Dosen Pembimbing.

Humas Pussainsa Jaja Sudrajat menyambut sekaligus memandu dan memaparkan sedikit gambaran umum tentang LAPAN. Kemudian penyampaian tujuan dari dosen pembimbing Bapak Mochamad Mobed Bachtiar selaku Dosen Teknik Komputer dari PENS. Melalui kunjungan studi ke Pussainsa LAPAN ini diharapkan para mahasiswa lebih memahami tentang teknologi sains antariksa baik dari segi teknik komputer maupun teknik elektronya. Tak lupa beliau mengucapkan terima kasih atas penerimaan dari LAPAN.

Setelah penyerahan cenderamata dan foto bersama dilanjutkan presentasi Christine Widianingrum S.Pd secara singkat tentang profil LAPAN dari lokasi, legalitas, kedudukan LAPAN, sejarah terbentuknya LAPAN, tupoksi, visi, misi dan hasil litbang LAPAN keseluruhan secara singkat. Penyampaian kerjasama LAPAN dengan ITB, Pemkab Kupang dan UNDANA tentang pembangunan Observatorium Nasional di Lereng Gunung Timau Kupang juga dijelaskan secara umum. Pussainsa LAPAN juga menyelenggarakan kegiatan seperti diseminasi/bimtek/pelatihan, peneriman kunjungan, praktek kerja lapangan (PKL), dan penyediaan data serta jaringan.

Selanjutnya Peneliti dari Bidang Program dan Fasilitas, Musthofa Lathif, MT memaparkan tentang “Penelitian dan Pengembangan Instrumentasi Pengamatan Antariksa.” Pada pembahasan ini dijelaskan tentang penelitian terkait peralatan pengamatan sains antariksa yang tersebar di balai-balai LAPAN yang hasil datanya dimanfaatkan untuk prediksi cuaca antariksa pada layanan SWIFtS (Space Weather Information and Forecast Services) yang bisa diakses oleh masyarakat melalui website http://swifts.sains.lapan.go.id/.

Selanjutnya sesi tanya jawab dan diakhiri kunjungan ke media center SPICA (Sistem Pemantauan Informasi dan Cuaca Antariksa) dengan narasumber Mira Juangsih, M.Si.


Humas : Christine/Jaja








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL