Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Kolokium Terkait Penelitian di Space Lab Jepang
News Writter : • Photographers : • 16 Aug 2018 • Read : 420 x ,

Para peneliti, perekayasa dan litkayasa di Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) menghadiri kegiatan kolokium hari Rabu (15/08/2018) pukul 10.00 WIB di Ruang Ionosfer Pussainsa. Dr. Buldan Muslim selaku Koordinator Ilmiah memandu kegiatan ini. Pada kolokium ini dihadiri juga oleh Dosen S3 Universitas Sam Ratulangi jurusan Fisika.

Narasumber pada kolokium ini adalah Peneliti Pussainsa Mario Batubara, M.Sc yang melakukan program studi S3 (doctoral degree) di Kochi University of Technology (KUT), Kochi, Japan dari bulan Maret 2017. Materi yang disampaikan dalam kolokium terlebih untuk sharing informasi mengenai kegiatan penelitian di Space Lab., KUT, Japan. Ada 4 hal yang dilakukan dalam lab tersebut, yaitu penelitian terkait infrasound, radar pasif, pengamatan secara optik dan pembangunan sistem wahana transport system peralatan (roket, drone, balloon).

“Saat ini, topik utama kegiatan penelitian di Space Lab adalah terkait infrasound dengan berbagai metode pengamatan (peluncuran roket, pengembangan jaringan pengamatan infrasound). Sistem penampilan hasil pengamatan infrasound menggunakan sensor infrasound juga dilakukan. Sistem penampilannya bersifat user friendly. Artinya, user dengan fleksibel menentukan waktu data yang akan digunakan serta lokasi, parameter dan range periode data yang akan digunakan, papar Mario.”

Dijelaskan juga bahwa sistem jaringan pengamatan infrasound dengan sensornya dapat diimplementasikan ke dalam hal pendeteksian aktifitas meteor yang melintas di atmosfer Bumi, tindakan mitigasi bencana (typhoon, earthquake, tsunami), pendeteksian aktifitas peledakan (nuklir, kimia), serta pendeteksian spacec debris re-entry.

Setelah presentasi selesai, para peneliti menyampaikan pertanyaan dan berdiskusi seputar materi yang sudah dipresentasikan.

Humas Pussainsa : Christine/Jaja








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL