Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Pusat Sains Antariksa membawa Planetarium Mini hadir memberi inovasi di bidang keantariksaaan dalam RITECH EXPO 2019 DI Bali
News Writter : • Photographers : • 25 Aug 2019 • Read : 25 x ,

Denpasar ( 25 Agustus 2019)  Planetarium mini sebagai media edukasi keantariksaan yang efektif kepada masyarakat untuk pengenalan atau menambah wawasan pada saat ini, turut dihadirkan LAPAN pada kegiatan Hakteknas 2019, atau disebut juga sebagai RiTECH EXPO. Kegiatan ini merupakan pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi di bidang teknologi. Pameran ini menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator yang keseluruhannya merupakan karya anak bangsa. Denpasar Bali sebagai lokasi penyelenggaraan RITECH EXPO 2019 kali ini adalah perwujudan dari tema besar hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke 24 yaitu ”IPTEK dan inovasi dalam industri kreatif di era Revolusi industry 4.0” yang berlangsung selama 4 hari dari tanggal 25 -28 Agustus 2019 di Lapangan Puputan renon, Denpasar Bali.

Pada kesempatan itu juga, Kepala Pusat Sains Antariksa Dra. Clara,Y, Yatini, M.Sc  mengisi Talkshow dengan tema “Gerhana Matahari Cincin 2019”, pada Selasa 27 Agustus 2019 pukul 13.00 – 13.45 WITA bersama dengan 2 narasumber lainnya. Dalam penyampainnya ibu Clara menjelaskan waktu dan beberapa tempat yang bisa menyaksikan fenomena gerhana Matahari cincin 2019 di wilayah Indonesia. Dan diakhir talkshownya memberi pertanyaan kepada peserta yang hadir dan yang bisa menjawab pertanyaan diberikan kaca mata khusus melihat gerhana matahari cincin.

Memasuki hari ketiga penyelengaraan pameran di kota Denpasar Bali ini tercatat sebanyak lebih dari 800 pengunjung menyaksikan pemutaran film di planetrium mini. Kehadiran planetrium mini dalam pameran ini menjadi tempat yang sangat diminati oleh para pengunjung baik itu siswa maupun orang tua yang secara khusus membawa anaknya untuk menyaksikan film di dalamnya, dan seluruh pengunjung merasa puas dengan layanan edukasi ini, mereka merasa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang baru sehingga sangat berkesan bagi mereka. Diharapkan di hari terkahir nanti bisa melayani pengunjung lebih banyak lagi, agar tujuan planetarium ini untuk menjadi media edukasi keantariksaan kepada masyarakat luas bisa tersampaikan.

Penulis : Ferdhie

Dok     : Ferdhie








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL