Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Presentasi Evaluasi Desain Riset Melalui Video Teleconference di Lingkungan Pussainsa
News Writter : • Photographers : • 27 Mar 2020 • Read : 445 x ,

Pusat Sains Antariksa mengadakan kegiatan Evaluasi Desain Riset bagi para Peneliti, Perekayasa dan Teknisi Litkayasa selama 2 hari mulai Kamis s.d Jumat, 26 s.d 27 Maret 2020. Kegiatan ini dilakukan melalui video teleconference, dikarenakan para pegawai melakukan work from home, tetapi tidak menutup kemungkinan melakukan kegiatan secara daring.

Kegiatan dipimpin oleh Kepala Pusat Sains Antariksa dan dimoderatori oleh Koordinator Penelitian, Prof. Dr. Buldan Muslim. Kabid Diseminasi hadir dan Tim IT juga turut dalam mempersiapkan video ini di kantor. Video teleconference ini diikuti  Peneliti, Perekayasa dan Litkayasa, serta Tim IT serta Humas. Ada 9 orang Koordinator Penelitian yang melakukan presentasi secara daring pada hari pertama. Di sesi 1 yaitu Tiar Dani, M,Si tentang Decision Support System (DSS) Cuaca Antariksa dan Prediksi Kelas Flare Sinar X Sesuai Skala Radio Blackout NOAA; Dr. Johan Muhammad, M.Si tentang Deteksi Otomatis Sunspot di Sisi Jauh Berdasarkan pengamatan STEREO; Drs. Jiyo, M.Si tentang DSS Komunikasi Radio HF; Drs. A. Gunawan Admiranto tentang Analisis Dosis Radiasi Dalam Penerbangan; Drs. Mamat Ruhimat, M.Si tentang Prediksi Dst untuk Cuaca Antariksa.

Selanjutnya presentasi dilanjutkan pada sesi 2 tentang Riset dan Pengembangan Metode Prediksi Indeks T Regional oleh Annis Siradj Mardiani, ST, Analisis Gangguan Ionosfer Berdasarkan Pengamatan Gelombang VLF dan LF oleh Ir. Timbul Manik, M.Eng; DSS Benda Jatuh Antariksa dan Pemodelan Lintasan Obyek Re-Entry dengan menggunakan Pendekatan Astrodinamika oleh Dr. Rhorom Priyatikantho, M.Si dan presentasi terakhir tentang Diagnosis Pertumbuhan Serpihan Antariksa di atas ukuran 10 cm oleh Neflia, M.Si.

Di setiap akhir sesi presentasi banyak saran, masukan dan juga pertanyaan yang membangun agar hasil penelitian dan pengembangan di bidang sains antariksa ini semakin maju. Koordinator Penelitian menyampaikan terima kasih atas kerjasama semua dalam mengikuti video teleconference ini dan kegiatan akan dilanjutkan esok hari.

 

Humas Pussainsa : Christine/Sucipto/Ferdhie

Dok : Humas








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL