Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Arsiparis Pussainsa Ikuti Pembahasan Formulir Audit Kearsipan LAPAN
News Writter : • Photographers : • 18 May 2020 • Read : 58 x ,

Sistem kearsipan di LAPAN secara berkala dilakukan pengawasan. Pada hari Jumat, 15 Mei 2020 para Arsiparis dari Pussainsa LAPAN beserta Koordinator bidang Administrasi, Nurkhamdani, S.IP, M.M mengikuti kegiatan Pengisian Formulir Audit Kearsipan LAPAN secara zoom cloud meeting dari Biro Kerjasama, Humas dan Umum LAPAN.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Koordinator Bidang Kearsipan, Nur Kelana Rosdiani, S.Pd dengan memberikan informasi bahwa belum seluruh satker menyerahkan form pengisian audit kearsipan tahun 2020, sehingga dirasa perlu untuk dilakukan rapat terkait dengan penjelasan pengisian form audit sistem kearsipan internal LAPAN. Kemudian disampaikan bahwa pengawasan arsip menjadi salah satu nilai pengungkit dalam reformasi birokrasi di lingkungan LAPAN sehingga peran arsip menjadi lebih penting bagi instansi.

Kegiatan ini bertujuan sebagai pengawasan kearsipan di lingkungan LAPAN agar sesuai dengan prinsip, kaidah, standar kearsipan dan peraturan perundang-undangan. Mengingat kondisi saat ini dalam keadaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah, maka pengawasan dilakukan menggunakan metode audit pasif (dilaksanakan melalui verifikasi bukti yang disampaikan atau wawancara objek pengawasan), sedangkan untuk audit kearsipan aktif (pengamatan langsung pada objek pengawasan) akan dijadwalkan kembali sampai kondisi memungkinkan.

Selanjutnya kegiatan pengisian dipandu oleh ibu Royati, S.Sos dan Sudiyanto, S.Sos., M.Si selaku Arsiparis Madya. Satuan kerja yang berfungsi sebagai Unit Pengolah sekaligus Unit Kearsipan tingkat II memiliki kewajiban untuk mengisi 12 formulir yang telah disiapkan. Kemudian kegiatan dilakukan dengan membahas pertanyaan satu persatu yang harus dijawab oleh satker.

Kegiatan ditutup oleh Koordinator Bidang Kearsipan, Nur Kelana Rosdiani, S.Pd yang mengharapkan bahwa pertemuan kali ini dapat membantu satker untuk mengisi formulir pengawasan kearsipan, sedangkan untuk pengumpulan bukti pengawasan dilakukan pada awal bulan Juni 2020 apabila keadaan memungkinkan dan kegiatan perkantoran berjalan normal.

 

Humas : Christine/Sucipto/Ferdhie

 

 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL