Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Tim PPID Pussainsa LAPAN Ikuti Pelatihan ISO 9001:2015
Penulis Berita : • Fotografer : • 15 Jun 2020 • Dibaca : 349 x ,

Dalam rangka meningkatkan kompetensi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di seluruh satuan kerja LAPAN, Biro Kerjasama, Humas dan Umum (KSHU) mengadakan Pelatihan ISO 9001:2015. Kegiatan tersebut  dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 11 s.d. 12 Juni 2020.

Kegiatan  pelatihan dilakukan melalui aplikasi  zoom cloud meeting dengan Keynote speaker Sekretaris Utama LAPAN  Prof. Dr. Ir. Erna  Adiningsih, M. M,Si dan Ir. Christianus D  sebagai  Kepala Biro KSHU LAPAN, moderator oleh Ir. Jasyanto, MM sebagai  Koordinator Humas LAPAN  sedangkan narasumber  kegiatan oleh Ade Iman Santoso, ST (Businees Improvement Expert  dari PT. Prima Nusa Gemilang).          

Menjadi Penyelenggara Layanan Informasi Publik yang Unggul di Bidang Iptek Penerbangan dan Antariksa, itulah visi PPID LAPAN yang dijelaskan oleh Sestama LAPAN saat memberikan sambutan. Untuk mencapai itu diperlukan pelayanan informasi publik yang berkualitas dan sesuai standar mutu layanan.

Dalam pelatihan ini dari Pusat Sains Antariksa menugaskan pelaksana dan petugas PPID yang belum pernah mendapatkan pelatihan ISO 9001:2015 serta yang namanya  sudah  tercantum dalam SK Kepala LAPAN No 141 Tahun 2020 tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di lingkungan LAPAN. Petugas PPID yang mengikuti pelatihan ini sekitar 60 lebih berasal dari berbagai satuan kerja dan balai di lingkungan LAPAN.

Ada dua topik yang disampaikan pada peserta  pada hari pertama  yaitu Traning Persyaratan  Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 yang di dalamnya diisi tentang Definisi ISO, Manfaat  Penerapan ISO dan Klausul yang ada pada ISO 9001:2015, sedangkan pada hari kedua Training Audit Internal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.

Setelah selesai pemaparan materi  oleh Narasumber pada  kesempatan tersebut dilakukan  diskusi/tanya jawab oleh peserta pelatihan yang dipimpin oleh moderator.

Pada hari kedua disampaikan materi tentang Training Audit Internal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Pada presentasi ini dijelaskan tentang pengertian, manfaat, tujuan, perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring audit serta kompetensi dan evaluasi auditor. Sebagai penutup para peserta diberikan soal ujian internal auditor oleh narasumber pada tautan yang telah disediakan dan jika lulus akan diberikan sertifikat.

Melalui pelatihan ini Kepala Biro KSHU mengharapkan kompetensi PPID di setiap satker dan balai semakin meningkat dan pelayanan publik di LAPAN semakin lebih baik ke depannya. Selanjutnya penutup oleh moderator dan kegiatan diakhiri foto bersama.

Humas Pussainsa        : Christine/Sucipto/Ferdhie

Dokumentasi               : Humas

 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL