Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Peneliti Pussainsa Menjadi Narasumber Pada Kegiatan Bimtek Optimalisasi Pengamatan Antariksa di Pussainsa LAPAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 10 Jul 2020 • Dibaca : 307 x ,

Bandung, 9 Juli  2020,  Pusat Sains Antariksa LAPAN  bekerjasama dengan   Balai BUTPAA LAPAN Pameungpeuk Garut   mengadakan  Bimbingan Teknis   (Bimtek)  Optimalisasi  Sistem Pengamatan  Antariksa yang diikuti oleh para peserta Staf Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut dan Operator dan Engineering Pengamatan dari Balai Garut, dengan peserta sejumlah 5 orang.

Bimtek ini terlaksana atas kerjasama  antara  BUTPAA LAPAN Pameungpek  dan   Pusat Sains Antariksa  (Pussainsa )  LAPAN Bandung. Acara ini dilaksanakan  selama dua  hari pada hari  Rabu – Kamis, 8-9 Juli 2020 pukul 09.00 WIB dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19, seperti menjaga jarak dan memakai masker. Kegiatan dipandu langsung oleh  Peneliti/Narasumber Pusat Sains Antariksa.

Untuk kelancaran jalannya  bimtek selanjutnya pemaparan pertama oleh  Slamet Supriadi, M Si  Peneliti Pussainsa  tentang  Global  Positioning System (GPS) Global Navigation Satelitte System (GNSS). Setelah  pemaparan selesai dilanjutkan  diskusi dan tanya jawab seputar  materi tersebut. Kemudian pemaparan kedua disampaikan oleh Varuliantor Dear, MT  Peneliti Pussainsa  tentang  ALE, CADI serta pemanfaatanya dan dilanjutkan diskusi.

Pada hari kedua, Kamis (09/07/2020)  diawali  dengan melakukan pengamatan matahari di Ruang Kubah  Gedung 1 Lantai 3  yang dipandu oleh Dr Rhorom Priyatikanto,M.Si.  Pada sesi ini dijelaskan cara pengamatan dan peralatan teleskop yang dipergunakan agar  hasil pengamatan baik.

Selesai pengamatan dilanjutkan diskusi dan tanya jawab di Ruang Korona dan dilanjutkan ke Ruang Rapat Ionosfer, bersama Tim IT/Peneliti  Bidang Program dan Fasilitas Pussainsa, Yoga Andrian, S.Kom, M Sc membahas tentang “Transfer Data dan Jaringan.”     

Serangkaian kegiatan bimtek telah selesai dan Rahadiyan Lingga  Laksita, ST  selaku perwakilan BUTPAA  Pameungpeuk Garut mengucapkan terima kasih bagi para narasumber Pussainsa yang telah membantu dan meluangkan waktu pada Bimtek Optimalisasi Sistem Pengamatan Antariksa sehingga acara berjalan dengan baik dan lancar. Harapannya semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat  bagi kita semua terutama peserta.

Humas Pussainsa : Sucipto/Christine/Ferdhie

Dokumentasi : Humas








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL