Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Pusat Sains Antariksa Adakan Evaluasi Perkembangan Litbangjirap
Penulis Berita : • Fotografer : • 24 Jul 2020 • Dibaca : 34 x ,

Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN  Bandung melaksanakan  Evaluasi Perkembangan Penelitian, Perkembangan, Pengkajian dan Penerapan (Litbangjirap) Pussainsa 2020. Kegiatan Evaluasi Perkembagangan  Litbangjirap  ini dilaksanakan  selama 3 hari mulai hari Kamis, Jumat tanggal 23,24 Juli  dan  Senin, 27 Juli 2020. Di era adaptasi kebiasaan baru seperti sekarang ini tidak menghalangi  bagi para peneliti untuk tetap produktif dan semangat  bekerja. Salah satunya  melaksanakan kegiaran evaluasi hasil litbangjirap melalui video conference. Kegiatan secara daring ini terkadang memiliki kendala yaitu  adanya gangguan listrik yang tak bisa dihindari sehingga  proses  pemaparan kegiatan evaluasi sedikit  terganggu bagi yang mengikuti secara work from home.     

Kegiatan Evaluasi ini dilaksanakan secara virtual diikuti oleh Deputi Sains Antariksa dan Atmosfer, Kepala Pusat Sains Antariksa, Para Koordinator Bidang, Subkoordinator Bidang, Peneliti, Perekayasa, Litkayasa, dan para pejabat fungsional lainnya serta para pegawai di lingkungan Pussainsa LAPAN  sekitar 65 orang.     

Sambutan dan pembukaan Evaluasi kegiatan perkembangan Litbangjirap  Pussainsa oleh Kepala Pusat Sains Antariksa, Dra. Clara Yono Yatini, M Sc. Dalam sambutannya  Kapussainsa menyampaikan bahwa sekalipun kondisi dalam WFO, WFH, atau bahkan dari mana saja WFA (working flexible arrangement) dimanapun kita berada tetapi dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kita.

“Untuk masa sekarang ini saya berharap sebaiknya juga melakukan kolokium-kolokium  secara daring. Saya harap ada ide dari  dan kesediaan teman-teman menjadi narasumber bagi kegiatan kolokium atau webinar juga. Penelitian terbagi secara struktur menjadi 5 kelompok dari DSS  (Decision Support System) yaitu DSS Cuaca Antariksa, DSS Navigasi, DSS Benda Jatuh, DSS Komunikasi dan Pengelolaan Observatorium Nasional. Kami harapkan teman-teman dapat memberikan masukan bagi PI yang mempresentasikan penelitiannya untuk jadi bahan pertimbangan pelaksanaan kegiatan tersebut. Untuk paper yang menjadi output juga agar dipersiapkan,” ucap Kapussainsa.

Evaluasi pada hari pertama  menyampaikan  10 judul kegiatan penelitian  yang dimulai pukul  09 .00 WIB dengan   topik penelitian   yang pertama tentang Prediksi Kelas Flare X sesuai skala radio blackout NOAA disampaikan Tiar Dani, M.Si ; Penelitian Deteksi Otomatis Sunsport di sisi jauh berdasarkan pengamatan Stereo disampaikan oleh  Dr. Johan Muhamad; Prediksi Dst untuk cuaca Antariksa disampaikan oleh Drs.Mamar Ruhimat, M.Si ; Pemodelan Lintasan obyek re-entry menggunakan pendekatan Astrodinamika disampaikan Dr. Rhorom Priyatikanto, M Si.

Selanjutnya dilanjutkan sesi kedua pukul 13.00 kegiatan penelitian yang disampaikan oleh Futhikatun Rohmah, S.Si dari BPON  Kupang  tentang Studi sistem Robotic pengamatan benda jatuh antariksa secara optic; Pengelolaan data ionosfer Drs.Jiyo, M Si; Riset dan pengembangan metode prediksi indeks T  regional  disampaikan oleh Annis Siradj M, ST; Pengembangan metode prediksi –evaluasikondisi ionosfer dan kemasan informasi untuk SWIFtS serta informal disampaikan oleh Drs. Budiyanto ; Pengembangan prototipe DSS Komrad disampaikan oleh Varualiantor Dear, MT  ; Penyusunan SOP, dokumen HKI,dan pelatihan internal ,disampaikan oleh Adi Purwono,MT.   

Setiap selesai penyampaian materi dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab, yang dipandu oleh Moderator. Dalam sesi diskusi  peneliti memberi masukan dan saran untuk kemajuan penelitian yang dilakukan di Pussainsa. Dilanjutkan penutup oleh Dr. Buldan Muslim sebagai Koordinator Penelitian dan dilanjutkan esok hari.

 

Humas Pussainsa : Sucipto/Christine/Ferdhie

Dokumentasi : Humas








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL