Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Penandatanganan Kerjasama LAPAN dengan PTBBN BATAN
News Writter : • Photographers : • 29 Sep 2020 • Read : 175 x ,

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam hal ini diwakili Pusat Sains Antariksa dengan Pusat Teknologi Bahan Badan Nuklir (PTBBN) BATAN melakukan penandatanganan  kerjasama dalam bidang riset terkait dosis radiasi dalam penerbangan.

Susunan acara dibacakan terlebih dahulu oleh pembawa acara Ibu Mulah Sari dari PTBBN –BATAN, dan pembacaan doa oleh Nasarudin. Pelaksanaan penandatanganan kerja sama antara LAPAN dengan PTBBN BATAN dilaksanakan pada hari Senin, 28 September 2020 mulai pukul 09.00 – selesai, dilaksankan secara desk to desk, dikarenakan kondisi pandemi yang masih berlangsung, sehingga pihak pihak terkait tidak dapat menghadiri secara langsung. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Biro Kerja Sama, Humas, dan Umum LAPAN Chris Dewanto beserta jajarannya di Bagian Kerja Sama, dan jajaran Koordinator Bidang Diseminasi Pussainsa LAPAN.

Penandatanganan pertama dilakukan oleh Kepala PTBBN BATAN dilakukan di kantor PTBBN BATAN, untuk selanjutnya naskah fisik Perjanjian Kerjasama akan ditandatangani oleh Kepala Pusat Sains Antariksa setelah dikirimkan ke LAPAN. Setelah itu dilanjutkan sambutan dari Deputi Teknologi Energi Nuklir, Kepala Pussainsa dan Kepala PTBBN BATAN.

Deputi Kepala BATAN Bidang Teknologi Energi Nuklir, Suryantoro mengatakan bahwa akan memiliki pengalaman luar biasa dapat mempelajari radiasi di udara atau di luar angkasa. Karena selama ini, peneliti BATAN lebih banyak melihat di literasi. Suryantoro berharap bahwa dengan sinergi ini, diharapkan ada dampak bahwa kita bisa mengetahui radiasi di udara.

Kepala Pussainsa LAPAN, Clara Yono Yatini mengatakan bahwa penelitian dosis radiasi dalam dunia penerbangan sangatlah penting. Penelitian dosis radiasi ini berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan dari para pelaku penerbangan. Clara menambahkan, bahwa untuk lintang tinggi, pengamatan dosis radiasi banyak dilakukan, tapi di ekuator belum dilakukan. Untuk itulah, kedua belah pihak menyambut baik momen kerja sama ini.

Agus Sumaryanto, Kepala PTBBN BATAN mengatakan bahwa akan lebih menyinkronkan lagi dengan para pemangku kepentingan. PTBBN melakukan pengujian bahan bakar nuklir yang sudah ter-iradiasi. Kali ini PTBBN akan menguji terkait dengan material radiasi kosmis.

Ruang lingkup PKS ini adalah penyediaan dan pemanfaatan data dan informasi cuaca antariksa, radiasi pada penerbangan sipil di lintang rendah, interpretasi dan analisis data hasil pengukuran, pengembangan model akuisisi data radiasi pada penerbangan sipil di lintang rendah, pengujian bahan teriradiasi; pemanfataan sarana dan prasarana; pertukaran tenaga ahli dan/atau personel, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan diseminasi dan publikasi hasil penelitian dosis radiasi dalam penerbangan sipil.

Humas Pussainsa  : Sucipto/Christine

Dokumentasi         : Humas








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL