Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


RENCANA KERJASAMA PUSAT SAINS ANTARIKSA LAPAN DENGAN INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM PURWOKERTO
News Writter : • Photographers : • 15 Oct 2020 • Read : 194 x ,

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional  (LAPAN)  melalui  Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN Bandung pada Rabu (14/10/2020) mengadakan  pertemuan secara daring dengan Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro, Institut Teknologi Telkom (ITTT) Purwokerto  dengan topik ”Pembahasan Rencana Kerjasama dan Arahan Teknis Pussainsa LAPAN”.

Kegiatan ini dilaksanakan dimulai pukul 09.00 WIB. Acara ini dibuka oleh MC  dan  dipandu  moderator  dari pihak  FTTE ITTT Purwokerto. Hadir pada acara ini Kepala Pusat Sains Antariksa Clara Y. Yatini, Koordinator Bidang Diseminasi Emanuel Sungging Wakil Dekan, para Dosen, pengurus dan mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

Pertama Kepala Pussainsa memaparkan kegiatan atau penelitian yang ada di LAPAN, disampaikan juga empat kompetensi utama LAPAN  dan Kedeputian  yang ada di LAPAN. Pussainsa juga memberikan layanan informasi tentang Komunikasi HF, berbagai DSS yang ada, serta rencana dibangunnya Observatorium Nasional di Kupang, dan lain-lain.

Selanjutnya  pemaparan Wakil  Dekan,  menyampaikan beberapa kompetensi dosen dan 4 bidang studi  serta  prodi  yang lain di kampus serta mengenalkan struktur  organisasi kampus dan keahlian serta kelompok riset yang ada di Telkom. Penyampaian materi dari Prodi Telekomunikasi membahas tentang kampus Program Merdeka dan profil FTTE. Menurut SK Rektor ITTT Purwokerto juga menyelenggarakan Kampus Merdeka, yaitu program pendidikan tinggi yang memberikan hak belajar bagi mahasiswa  untuk mengambil SKS di luar  program studinya  maksimal 3 semester.  Dibahas pula tentang Wirelees and Signal Processing, Network Communication, Elektronika dan Kendali.

Dengan adanya kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang program Kampus Merdeka, dapat memberikan ruang gerak yang lebih luas berkaitan dengan pendidikan, kesempatan yang bagus dengan ITTT FTTE Purwokerto untuk ke depan bekerja sama.

Selesai pemaparan dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab terkait materi yang disampaikan oleh Pussainsa LAPAN tentang prosedur dan teknis melakukan penelitian dan kegiatan lain  seperti magang, PKL, workshop dan kegiatan yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan.

Selanjutnya disampaikan draft Perjanjian Kerjasama antara Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro ITTT Purwokerto dengan Pusat Sains Antariksa LAPAN tentang Penelitian, Pengembangan dan Pemanfaatan Sanis Antariksa. Draf tersebut masih dikoreksi dan masih ada perubahan pada pasal-pasal yang tercantum. Acara selesai dan ditutup oleh moderator dengan sesi foto bersama  untuk dokumentasi kegiatan.

 

Humas Pussainsa         : Sucipto/Christine

Dokumentasi               : Humas








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL