Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


LAPAN Selenggarakan FGD Observatorium Nasional Timau
News Writter : • Photographers : • 12 Nov 2020 • Read : 92 x ,

Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terpumpun) Observatorium Nasional secara resmi dibuka oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) pada Rabu (11/11/2020), yang mana rangkaiannya dilaksanakan selama dua hari, tanggal 11 – 12 November 2020 secara daring dan tatap muka di Balai Pengelola Observatorium Nasional (BPON) LAPAN Kupang.

Tujuan diadakan FGD ini yaitu memaparkan kondisi terakhir/kemajuan pembangunan Observatorium Nasional Timau yang telah berlangsung selama sekitar 5 tahun, memaparkan kebijakan-kebijakan strategis terkait operasional, pemanfaatan, dan pengembangan Observatorium Nasional Timau, dan membahas skema operasional dan pemanfaatan serta rencana pengembangan Observatorium Nasional Timau yang dapat dilakukan tahun 2021-2025.

Kepala LAPAN menyampaikan bahwa penelitian astronomi sangat penting dan menjelaskan alasan lokasi Observatorium Nasional yang dipilih yaitu di Nusa Tenggara Timur di Gunung Timau.

 ”Alasan utama karena di wilayah tersebut tingkat cerahnya lebih tinggi di wilayah lain karena memang paling panjang, alasan yang kedua wilayah sekitar Gunung Timau masih jauh dari perkotaaan, polusi cahaya minimum sekali tetapi wilayah tersebut masih bisa diakses dari kota Kupang,” paparnya.

”Pada 2014-2015 diadakan diskusi dengan LAPAN dan gagasan disambut dengan baik dan masuk di dalam Rencana Strategis tahun 2015-2019. Alhamdullilah, kami mendapatkan  dana multi-years untuk melaksanakan pembangunan Observatorium Nasional yang ditargetkan tahun 2020 selesai tetapi karena berbagai kendala jalan dan juga pandemi covid-19, Observatorium Nasional terpaksa tertunda sampai tahun depan, ”ucap Kepala LAPAN.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada dukungan dari Pemda setempat, Pemkab Kupang, Pemprov NTT dan dari Kementerian PUPR yang juga banyak memfasilitasi terkait pembangunan Obervatorium Nasional, juga berterima kasih kepada Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup yang dalam proses-proses perijinan untuk hutan lindung juga sangat membantu sekali.

Kepala LAPAN juga menjelaskan tentang teleskop 3,8 meter dan pemanfaatannya nanti ke depannya di Observatorium Nasional.

Pembicara kunci pada FGD ini yaitu Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D. ”Saya mengapresiasi LAPAN yang berusaha menghadirkan Observatorium Nasional yang bisa dikategorikan kelas dunia yang akan menjadi riset para ilmuwan Indonesia tetapi juga akan menjadi riset antariksa dari berbagai penjuru dunia, ”papar Menristek.

Ia juga menambahkan bahwa kita harus mulai dengan impian dan visi Indonesia untuk menjadi negara dengan berpenghasilan tinggi. Harapan dari Obsevatorium Nasional Timau yaitu dapat mendukung pengembangan taman nasional langit gelap, menarik pengguna internasional, flagship satelit konstelasi komunikasi orbit rendah, dan Observatorium Nasional Timau dipersiapkan untuk mendukung riset / rintisan ke depan pada 2030  mulai prioritas menengah (hasil : publikasi, prototype, paten, HKI, dan laporan penelitian lainnya).

Peserta undangan yang hadir secara daring hampir 80 orang terdiri dari Pemerintah Provinsi NTT, Pemerintah Kabupaten Kupang, Para Akademisi dan para pejabat di lingkungan Kedeputian Sains Antariksa dan Atmosfer LAPAN.

FGD pada hari pertama ini menghadirkan beberapa narasumber yaitu Asisten Pembangunan dan Perekonomian mewakili Gubernur NTT, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR NTT mewakili Kepala Dinas PUPR Provinsi NTT, Kepala BPJN X NTT, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Dekan FMIPA ITB, Dekan FST UNDANA, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan LAPAN dan juga Kepala Pusat Sains Antariksa LAPAN.

Setelah paparan dilakukan diskusi dan tanya jawab terkait pengembangan, dukungan dan pemanfaatan Observatorium Nasional Timau untuk ke depannya. Kegiatan diakhiri dengan pembacaan resume oleh Moderator dan penutupan oleh pembawa acara.

Humas & dokumentasi  : Christine/Sucipto








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL