Pussainsa LAPAN Ikuti Lomba Penghematan Energi dari Kementerian ESDM
By ferdhiansyah.noor@lapan.go.id, 14 Aug 2019

Bandung/Pussainsa (14/08/2019). Pusat Sains Antariksa mewakili Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengikuti Lomba Penghematan Energi untuk Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi Kategori C  dari Kementerian ESDM. Tim verifikasi dari Kementerian ESDM melakukan verifikasi secara langsung ke Pussainsa LAPAN pada hari Rabu (14/08/2019) pukul 09.00 WIB s/d selesai.

Pembukaan diawali oleh Kepala Pusat Sains Antariksa, Dra. Clara Y.Yatini, M.Sc yang menyampaikan tentang penghematan energi yang dilakukan selama ini di Pussainsa. "Hemat energi sudah menjadi life style di LAPAN dan menjadi komitmen bagi seluruh pegawai LAPAN untuk berhemat baik dari segi listrik, air ataupun penggunaan AC yang digunakan seefisien mungkin," papar Kapussainsa. Sebelumnya diputarkan video penghematan energi yang diterapkan di Pussainsa kurang lebih sekitar 4 menit seperti kegiatan petugas sewaktu mengecek meteran listrik dan air, mematikan lampu, pemasangan banner hemat energi, pemanfaatan videotron secara efisien dan penggunaan AC serta tirai jendela.

Kapussainsa juga menyampaikan bahwa hemat energi bukan berarti menyiksa tetapi penggunaan energi dilakukan secukupnya dan seefisien mungkin. Selain itu usaha yang dilakukan adalah penempelan stiker dan pemasangan banner hemat energi.

Ibu Maryam Ayuni dari Kementerian ESDM memberikan penjelasan sekilas tentang verifikasi penghematan energi yang akan dilakukan di Pussainsa. Pertama dimulai dari wawancara/tanya jawab secara langsung dilanjutkan mengunjungi ruangan-ruangan yang diperlukan untuk diperiksa atau dicek penggunaan listrik dan AC-nya. Sebelumnya dilakukan foto bersama di depan kantor Pussainsa LAPAN.

Setelah Tim Verifikasi ESDM berkeliling di lingkungan Pussainsa dan mendapatkan data yang diperlukan, tiba saatnya penutupan oleh Kapussainsa yang menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Tim Verifikasi dari Kementerian ESDM dan mudah-mudahan LAPAN bisa berlanjut terus ke depannya untuk mengikuti lomba penghematan energi setiap tahunnya.

Humas : Christine / Ferdhie

Dok : Haries